Manfaat Review Produk Bagi Pebisnis

by - Maret 10, 2017


Tahu tidak, review produk sedang menjadi tren marketing lho. Berbagai macam cara review dilakukan di sosial media, ada dengan melalui foto dan ada pula tulisan artikel. Keduanya punya kekuatan sama besarnya untuk mendongkrak penjualan di sebuah bisnis.

Tapi, sekarang saya mau membahas review produk yang berbentuk tulisan artikel. 
Seperti yang diketahui, artikel mengenai suatu produk akan memberikan edukasi kepada calon konsumen tentang berbagai hal yang berkaitan dengan produk tersebut.
Sudah bukan zamannya konsumen melulu disodorkan katalog produk. Ibarat memasuki sebuah pusat perbelanjaan, konsumen dijejali dengan berbagai produk. Tidak semua orang suka cara demikian.
Seperti kata coach saya, sharing-sharing dulu baru selling-selling kemudian.
Sejauh apa sih manfaat review produk?

Berikut beberapa manfaat review produk bagi pebisnis:
1. Mengembangkan target pasar.
Mereview produk dengan artikel mampu mengembangkan target pasar. Informasi ini merupakan hasil observasi kecil-kecilan yang saya lakukan langsung dengan para klien yang pernah saya review produknya. 
Mungkin awalnya target pasar produknya hanya sekitar dalam kota, dengan menggunakan jasa penulis review target pasar mereka merambah lebih luas. Bahkan ada seorang klien saya tidak menyangka produknya sampai menyebar ke luar Jabodetabek. Saya menulis review produk beliau selama 2 hari secara maraton di sosial media FB. Dan kini produk itu telah terbang sampai ke Jawa Barat, Jawa Tengah. 

2. Membangun brand awareness.
Branding merupakan nyawa sebuah bisnis. Demikianlah pendapat saya. Sebab, dengan banyaknya jenis bisnis, produk, type konsumen dan target pasar membangun branding adalah teramat penting.
Bagaimana orang akan mengenali bisnis kita bila tak ada branding/image yang melekat pada memori mereka. 
Maka itulah review produk dengan tulisan artikel akan teramat membantu membangun branding. 
Saya pernah mereview sebuah brand kosmetik pada sebuah FP atau FB Ads. Artikel yang saya buat berkenaan dengan bisnis dan kosmetik. Jumlah viewer kami tiap hari ratusan. Jumlah yang sangat banyak menurut saya bagi FP baru. Bersama kami membangun branding bahwa FP klien saya itu sangat recomended untuk didatangi. Saya tidak hanya menyajikan ulasan produk, tetapi disertai tips dan edukasi melalui artikel yang saya tulis. 

3. Membantu konsumen mengenali produk.
Pada akhirnya ini merupakan tujuan utama saya sebagai penulis review produk bahwa konsumen dapat terbantukan mengenali produk yang akan dijual. Konsumen tidak sekedar sasaran empuk para pebisnis meraup untung tetapi juga sebagai objek bisnis yang mesti diedukasi. Sebab, bisnis merupakan salah satu cara manusia menjalin interaksi satu sama lain. Apa jadinya bila konsumen enggan kembali berbisnis dan lebih buruknya memberikan penilaian buruk?

Demikialah beberapa manfaat menggunakan jasa menulis review produk bagi pebisnis. Semoga bermanfaat yaa...

You May Also Like

0 komentar