Tips Asyik Belanja Online di Marketplace

by - September 07, 2019


                                                                (Foto. Jogja.Tribune.news)

"Jadikan kemudahan teknologi untuk mempermudah kegiatan belanja online Anda, tapi jangan pelit memberikan feedback."

Berkat kemudahan teknologi, kegiatan berbelanja yang biasanya kita lakukan secara manual semisal pergi ke pasar tradisional atau pasar moderen (mall), kini bisa kita lakukan hanya dengan menggeser jempol saja. Yaa, berbelanja online.
Untuk Emak pemalas seperti saya, malas keluar rumah untuk berbelanja, kehadiran mall online adalah anugerah yang luar biasa. Sebab, selain menghemat waktu dan tenaga pilihan belanja online sudah menjadi lifestyle lho. Kadar hemat belanja secara online yang didapat jauh sekali dari pada belanja offline.
Belanja online memang menyenangkan bagi sebagian orang yang mungkin tidak mempunyai banyak waktu bila harus melakukannya secara konvensional. Apalagi dengan makin bertumbuhnya Marketplace (MP) di Indonesia. Ditambah lagi berbagai kemudahan yang diberikan MP semakin membuat kegiatan belanja online semakin nyaman.

Namun, supaya belanja makin asyik di Marketplace yuk kita simak apa saja tipsnya:
1.    Cek ulasan. Sebelum buru-buru order barang yang sudah kita sukai, yang paling pertama kita lakukan adalah mengecek ulasan atau komentar yang terdapat pada laman tersebut. Teknisnya mirip seperti tanda bintang pada ojol. Banyaknya taburan bintang serta ulasan dari para buyer yang mengandung kalimat positif menentukan trust seller tersebut.
Ini harus dilakukan guna mengantisipasi minimnya modus penipuan dari seller. Semakin banyaknya tanda bintang dan ulasan yang tertera di kolom pelapak, biasanya seller tersebut sudah memiliki trust dari buyer.
2.     Selalu cermat membandingkan harga dan ongkos kirim. Di MP itu ‘kan mall-nya online. Jadi bisa saja barang yang sama dijual banyak seller. Perbedaan harga dan ongkir (ongkos kirim) sangat patut menjadi pertimbangan penting. Sebagai buyer, kita berhak mendapatkan kualitas barang prima dengan harga dan ongkir yang sepadan. Jadi luangkan lagi sedikit waktu Anda untuk berkeliling mall guna mengecek secara cermat dan teliti harga-harga yang tertera di masing-masing seller. Sebab, ada juga MP yang menyediakan free ongkir namun harga barang sedikit lebih mahal beberapa rupiah. Atau ada juga MP yang menyediakan harga barang lebih murah, namun ternyata lokasi pengirimannya terbatas dengan harga ongkos kirim.
Persoalan ongkos kirim  ketika kita belanja online, sudah menjadi lagu lama. Sebuah kisah klasik sejak sebelum adanya MP. Bahkan para pedagang online kerap ada drama hit n run. Tanya-tanya melulu, tapi giliran sudah mendapat totalan, kabur dan mundur teratur tanpa kabar. Dan ini seringkali menjadi drama tersendiri dalam transaksi belanja online.
3.    Pilihan COD. Bagi kalian yang tinggal di kota-kota besar cara pembayaran barang belanjaan COD (Cash On Delivery) atau bayar ditempat menjadi pilihan banyak orang. Karena tidak terbentur lagi dengan masalah klasik belanja online, yakni ongkir. Sebab tidak sedikit lho yang mengeluhkan mahalnya ongkir dari pada harga barang yang kita beli.
4.   Memanfaatkan harga promo. Nah, saya pun termasuk kelompok buyer yang termasuk berburu promo di sebuah MP. Tidak jauh berbeda dengan mall biasa, mall online juga mempunyai program promo-promo seperti promo hari besar, promo tanggal cantik sampai flash sale yang sangat menggiurkan untuk diikuti. Jadi, bila ingin mendapatkan harga promo, rajin pantengin MP kesayangan Anda yaa..
5.    Memiliki jaringan internet yang kuat. Poin terakhir ini tentu saja menjadi acuan penting sebelum mulai berselancar di Marketplace. Jangan sampai, ketika kita sedang asyik-asyik memilih barang yang butuh waktu cepat seperti flash sale, ehh.. sinyal lemah atau kuota Anda habis.

Demikianlah tips asyik ketika Anda lebih menyukai berbelanja secara online di mall online juga. 
Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum nge-mall di Marketplace. 

Happy shopping yaa..

You May Also Like

0 komentar