Memilih Skincare yang Tepat untuk Perempuan Usia 35+

by - Oktober 09, 2019




Merawat kulit 35+ku, salah satu caraku mensyukuri nikmat Allah SWT—Nova Yulfia

Nah, ini dia pembahasan terpenting bulan ini menurut saya. Sebab di akhir bulan lalu saya genap berusia 39 tahun. Lantas ada apa dengan usia jelang 40 ini?

Perawatan kulit, tentu saja. Untuk orang pemalas seperti saya merawat kulit wajah hampir sudah jarang dilakukan. Terakhir, setahun lalu saya menggunakan rangkaian produk Mazaya Cosmetics (https://mazaya.co.id). Mulai dari serum, pelembab, toner, krim malam dan siang sampai rangkaian make up-nya, seperti eyeliner, lipbalm, liptick, bedak tabur dan maskara. 

Saya menggunakan produk Mazaya karena yang jualan teman sendiri. Jadi saya tidak perlu repot-repot order via online atau ke belanja  toko kosmetiknya, tapi sudah langsung dibawakan ke rumah, trus bayar. Dan sejauh ini cocok saja. Secara harga, terjangkaulah. Hampir mirip seperti harga produk Wardah (https://www.wardahbeauty.com).

Namun setelah hamil 9 bulan dan melahirkan 6 bulan lalu, asli plek, wajah saya tidak terawat lagi. Apalagi alasannya kalau bukan ,”nggak sempat.”
Walaupun begitu, ketika bayi saya sudah berusia 6 ini, jadwal tidurnya sudah mulai teratur. Jadi saya putuskan untuk kembali berjibaku dengan peralatan tempur perempuan umumnya, menggunakan skincare.

Karena kulit dan keindahannya adalah salah satu warisan berharga bagi setiap perempuan. Bukan karena tiba-tiba ingin kembali remaja dan tidak mau tahu dengan urusan keriput yang sudah mulai timbul di sudut mata, masalah flek hitam yang menghiasi area bawah mata dan sekitar hidung bagaikan polkadot. Tapi lebih kepada merawat dan mencoba menunda penuaan. Halahhh..

Kulit orang usia 35+ itu umumnya sudah termasuk kategori matang, dan sangat butuh sentuhan perawatan. Jika ketika masih berusia 20-an biasanya masalah yang timbul masih sekitar jerawat, komedo atau kulit berminyak dan kering. Dan rangkaian perawatan kulit yang tersedia sangat beragam dengan range harga yang sangat luas. Mulai dari produk lokal paling murah sampai produk impor paling mahal, semua menyediakan rangkaian perawatannya.
Semua tergantung kebutuhan dan keuangan saja iya kan hehe..

Memang sih soal menunda penuaan dini kata para ahli, perlu dilakukan pada saat kita berusia 25-an. Tapi bagi Anda yang kini usianya sama dengan saya dan baru mau serius mengurus kulit, toh tidak ada salahnya juga sih. Asal komitmen dan rajin melaksanakan aturannya. Supaya mencapai hasil yang maksimal.

Oke, kita balik ke rangkaian skincare yang tepat untuk perempuan usia 35+, kira-kira apa saja yang dibutuhkan:

Kita sudah sangat memerlukan produk eksfoliasi.
Ini berguna bagi kulit untuk mengatasi penumpukan sel kulit mati. Dan sel kulit mati itu adalah awal kusamnya kulit dan masalah lainnya. Tapi, usahakan produk tersebut mengandung AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan BHA (Beta Hydroxy Acid) ya. Kedua bahan ini mampu meluruhkan sel kulit mati dengan lembut. Beda loh dengan proses scrubbing, yang melakukan pengikisan dan pengangkatan sel kulit mati dan tidak jarang mengakibatkan kulit menjadi iritasi. Kan kadar minyak dan kelembaban kulit udah mulai berkurang. Kalau di gosok terus, bakalan kering dong. AHA dan BHA merupakan kelompok asam yang memiliki efek eksfoliasi, pengelupasan kulitnlapisan terluar (epidermis).

Skincare sudah diharuskan bagi kalian usia 35+.
Sebab skincare tidak lagi berfungsi sebagai pelindung kulit, namun sudah pada tahap perawatan terhadap kulit. Toner, serum dan pelembab dan sunscreen sangat tidak boleh dilewatkan menemani aktivitas harian, walaupun hanya di rumah.

Krim malam.
Pemakaian krim malam jelang tidur dengan formula anti-aging yang mengandung niacimide dan peptide adalah penting. Supaya ketika kita tidur, kedua formula tersebut bekerja melembabkan kulit wajah laksana kulit remaja.

Eye cream.
Penggunaan krim mata ini berfungsi untuk mencegah timbulnya garis-garis halus di area sekitar bawah mata dan meminimalisir lingkar hitam yang membuat mata bagaikan mata panda. Oleskan tipis-tipis yaa dibawah area mata.

Membersihkan wajah setiap pagi dan malam hari.
Membersihkan wajah bukan hanya sekadar mencuci wajah dengan air bersih. Gunakan sabun pembersih yang sesuai dengan kebutuhan kulit usia 35+

Masker.
Menggunakan masker secara rutin 2 kali dalam seminggu akan memberikan hasil yang maksimal pada kulit. Tapi jangan lupa setelah menggunakan masker, lindungi kembali kulit dengan skincare harian.

Mencukupi kebutuhan tubuh akan air putih.
Rumusnya : setiap 25 kg BB , air putih yang dikonsumsi sebanyak 1 liter. Hal ini berguna untuk memenuhi kebutuhan cairan yang meningkat.

Pilih produk yang mengandung banyak kolagen.
Kolagen sangat bermanfaat bagi kulit, yakni untuk peremajaan kulit dan membuat kulit terlihat bercahaya.

Pertambahan usia sebenarnya tidak menjadi alasan untuk mempunyai kulit yang sehat lho. Yang harus disadari adalah usia memang tidak muda lagi, namun berbagai cara perawatan kulit mampu membuat tampilan kulit sehat dan terawat. Pada fase ini, elastisitas kulit mulai menurun, menjadi lebih kering, sensitif dan cenderung menipis.

Sekitar beberapa waktu yang lalu saya melakukan riset kecil-kecilan di facebook, tentang skincare apa yang tepat untuk perempuan usia 35+. Puluhan komentar yang masuk mengatakan berbagai merk, diantaranya : Berl Cosmetics, Wardah Renew You, Safi Agr Defy, Jafra, Nu Skin, SK II, Lamour Platinum, Botanical Skincare Melilea, Olay, Fabil Beauty, Garnier, Deep Beauty HNI, dan banyak lagi. Bahkan ada beberapa merk yang saya belum pernah dengar.

Berbekal merk tersebut, saya langsung searching di google mengenai harga iya dong ini yang maha penting hehe), manfaatnya, komposisi, dan kemudahan mendapatkannya. Sebagai emak pemalas keluar rumah, belanja online adalah pilihan utama sekarang bagi saya. Sebab, saya tidak butuh bayar taksi, parkir, mengisi e-toll dan belanja nggak penting. Sejauh ini, semua merk tersebut ada di setiap toko online dan marketplace. Sipp, saya siap order deh.

Jadi, intinya memilih skincare yang tepat bagi perempuan usia 35+ itu:
1.Seperti yang tertera di atas, diharapkan ke semua unsur untuk kebutuhan kulit dapat diakomodir.
2.Rajin dan komitmen dengan janji diri sendiri. Biasanya emak-emak rajin belinya doang, pas hari-hari pertama rutin dipakai. Setelahnya dijadikan pajangan alias tidak digunakan lagi sebagai perawatan kulit.
3.Sesuaikan dengan kemampuan keuangan. Saya pernah menonton harga skincare dari Paris senilai 25 juta. Namanya Guerlain (bacanya: gerlang, kata Tasya Farasya, beauty vlogger). Aseli saya kaget, kok ada skincare semahal itu. Katanya dalam satu bulan perawatan, kita tidak perlu melakukan perawatan selama 6 bulan ke depan.

https://youtu.be/G2EDg0fCL5w
(Nih link review Tasya Farasya yaa tentang Guerlain)

Sebelum tulisan ini berakhir, saya mau bikin taksiran harga untuk produk skincare usia 35+ , ini saya dapatkan dari hasil googling dan tanya teman yang jualan produknya:

Rangkaian Skincare dari Berl Cosmetics, sekitar 600 ribuan. Kita sudah mendapatkan krim malam dan pagi, serum, krim mata, toner dan sabun wajah.

Rangkaian Skincare Safi Age Defy, mulai dari 300-an ribu sampai 700-an ribu.

Rangkaian Skincare Wardah Renew You, sekitar 500-an ribu.

Rangkaian Skincare Nu Skin, sekitar 4 jutaan termasuk setrikaan wajahnya yang fenomenal itu.


Sebenarnya saya sudah memiliki pilihan dalam hati sih, namun karena belum order, belum bisa di foto disini ya hehe..

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari skincare yang tepat dan usianya pun sama dengan saya.

---
Beberapa QnA mengenai Skincare bagi usia 35+
Q : kenapa sih harga Skincare untuk usia 35+ tuh mahal-mahal?
A: ya jelaslah mahal. Karena gunanya untuk menunda penuaan, dan bahannya tentu sulit dan mahal, itu pertama. Yang kedua, karena orang di usia 35+ dianggap produsen sudah mapan, kaya , banyak uang, sehingga soal membeli produk kecantikan dan perawatan kulit bukan lagi persoalan rumit.

Q: Sewajib apa sih pakai skincare buat perempuan 35+?
A: ga masuk kategori wajib pengertian hukum yaa. Artinya sudah mesti sadar deh kalo kulit tuh butuh nutrisi ekstra.

Q: emang suami komplein ya, makanya hari gini sibuk nyari produk skincare?
A: wohooo, tidak lah. Suami sudah cinta apa adanya diriku. Hanya saja mau nambah ibadah menyenangkan matan suami dengan tampilan kulit wajah yang segar, jauh dari kata kucel walaupu sehari-hari dasteran doang. Tapiii, sebelum komplein, ada baiknya rawat diri gituh hehe..

Q: apa sih skincare pilihan Mak Nova? (kepo.com nih..)
A: anu, eeeeng.. antara produk Safi dan Wardah lah. Karena saya sudah nonton hampir semua beauty blogger yang review produk anti agingnya. Secara harga pun terjangkau pula.
 Q: trus, ngapain riset segala di sosmed tanya-tanya skincare?
A: yaaa mau tau doong, orang umumnyan pake apa. Bagus nggak hasilnya. Karena kalau ngandelin beauty blogger, bisa jadi mereka dapat produk via endors yekan.

Q: apa faedahnya tulisan ini?
A: yakali, saya di endors seseproduk rangkaian skincare hehe.. (ngarep..)

Sekian
Depok, 09 Oktober 2019







You May Also Like

0 komentar