Dukung Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Menjadi Bagian dari Perjalanan Belajar buah hati Anda bersama LEARNINGTIME : Bond, Play, Learn (LT)

by - November 26, 2019




Pentingnya Peran Mainan
Hai Moms, seperti yang kita ketahui bersama bahwa mainan adalah harta karunnya anak-anak dalam masa perkembangannya. Biasanya kita sebagai ibu dan orangtua akan memberikan berbagai macam mainan yang berguna untuk memberikan stimulasi pertumbuhan anak. Dari berbagai jenis mainan, orangtua zaman sekarang sudah semakin sadar akan manfaat dari mainan edukatif. Contohnya mainan bongkar pasang, puzzle, lego, mainan susun-susun balok.

Dalam penelitian psikologi anak dikatakan bahwa, perkembangan cerebrum yang mengendalikan perilaku manusia, misalnya pola pikir dan tindakan emosi mencapai tahap 80% pada anak berusia sekitar 4 tahun dan 90% pada saat anak berusia 6 tahun. Secara spesifik sangat baik bila kita memilihkan mainan yang memungkinkan anak untuk mengembangkan kemampuannya dalam mengekspresikan diri, berkomunikasi, bekerjasama, berimajinasi, mengembangkan kreativitas dan sebagainya.

Seperti apa sih peran mainan dalam tumbuh kembang anak?

Setidaknya berikut ini ada 3 peran mainan terhadap perkembangan motorik anak. Simak ya Mom..

1.  Mainan mampu meningkatkan kemampuan berekspresi. Anda bisa memilihkan mainan huruf dan angka untuk mereka. Biasanya anak-anak usia balita akan mulai tertarik dengan bentuk angka dan huruf. Tidak jarang juga kita menemui anak-anak yang sudah lancar berhitung dalam dua bahasa sampai angka 100. Begitu juga dengan perbendaharaan kata yang mereka miliki, jauh cepat melesat pada usia yang sering kita sebut golden age ini. Nah, karena peningkatan ini anak akan semakin bertambah kemampuannya untuk berekspresi dengan kosa kata dan angka yang mereka miliki.
2.     Mainan mampu meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Kita bisa memilih mainan jenis kartu dan buku cerita. Mom, tentu kita sangat mengharapkan anak usia balita untuk semakin baik berkomunikasi dengan orang lain. Agar ia mampu mengungkapkan apa yang ia inginkan. Secara tidak langsung hal ini akan mampu mendorong kemampuannya pula untuk dapat bersosialisasi dengan teman sebayanya dan mendorong juga untuk mengasah kemampuan cara pikirnya secara logis sederhana.
3.  Mainan mampu melatih imajinasi dan kreativitas anak. Nah, pada fase ini banyak jenis mainan yang bisa kita tawarkan kepada anak ya Mom. Misalnya mainan edukatif bongkar pasang, lego, tangram, boneka jari untuk berdongeng dan sebagainya. Sekitar usia berapa sih anak sudah bisa di bimbing kreativitasnya? Dari berbagai literatur, saya menyimpulkan bahwa mengasah kreativitas anak dapat dilakukan sedini mungkin ya Mom. Dengan catatan, kita sebagai orangtua pun ikut serta dalam pola permainan tersebut. Hmm, berarti mainan tidak hanya milik anak ya. Tentu saja. Lebih tepatnya bermain bersama anak.

Bagi seorang anak, bermain merupakan kegiatan yang menyenangkan dan menarik. Menurut banyak penelitian, bahwa kegiatan bermain ini dapat membantu mengembangkan imajinasi anak, kreativitas, kemampuan dalam memecahkan masalah dan keterampilan sosial. Pentingnya bermain bagi anak sebab aktivitas ini mendukung dan mendorong kemampuan kognitif, emosional, fisik dan sosial anak.

Pentingnya bermain bersama anak.
Pada dasarnya anak memang membutuhkan kita, orangtuanya untuk bermain bersama mereka guna mendukung pertumbuhan yang optimal. Tidak sedikit pula penelitian dari para ahli psikologi anak menyatakan bahwa, bermain bersama anak akan memberikan efek positif pula bagi orangtua lho. Sebab, selain sebagai teman bermain, bagi anak, kita orangtuanya dianggap orang yang dapat ia percayai. Sehingga ke depannya akan lebih memudahkan bagi orangtua untuk membimbing anak, karena ayah atau ibunya ia anggap teman yang sudah ia percaya. Disinilah terbangun bonding antara orangtua dan anak. Dimana ada trust antara anak dan orangtua.



Nah, kita sudah pahami bersama ya Mom, bagaimana peran mainan terhadap tumbuh kembang anak, pentingnya bermain bagi anak dan bahkan penting pula bermain bersama anak. Lalu, sebagai orangtua tentu kita ingin mendapatkan benefit lengkap dari sebuah permainan, bukan?

Untuk itulah LEARNING TIME hadir untuk memenuhi kebutuhan para orangtua. Mengusung tagline BOND, PLAY, LEARN, LEARNING TIME ingin memberikan pengalaman menarik bagi orangtua dan anak dalam hal belajar sambil bermain. Saya sendiri juga sudah punya LT lho Mom. Sebenarnya saya ingin memberikan LT pada anak keempat saya yang berusia 7 bulan. Namun pada kenyataanya, kakaknya yang berusia 9,10 dan 11 tahun pun ikut terjun bermain bersama. Sebab, menurut saya LT ini sepertinya ditujukan untuk anak segala umur. Syukurlah, bayi usia 7 bulan saya mulai menunjukkan ketertarikannya memainkan LT ini yang tentunya saya dan kakaknya pandu melalui video. Baiklah, kita simpan dulu cerita saya ya Mom. Yuk lanjut dulu tentang LEARNING TIME.

Oya, LT juga sudah mengadakan Focus Group Discusion (FGD) pada tanggal 18 November 2019 di kantornya yang berada di Palma Tower 20th Floor, Jakarta Selatan.  

Mengapa Mom mesti memilih LT?

Ini dia alasan pentingnya ya Mom:
1.      Education for Parents. Masing-masing program berisi video panduan untuk ditonton oleh orang dewasa, dimana orangtua atau pengasuh dapat pula belajar bagaimana cara beraktivitas dengan anak layaknya para guru ahli pendidikan anak usia dini dan mendapatkan kepercayaan diri dalam mengajarkan anak di rumah.
2.      Learn Through Play. LT bekerjasama dengan para ahli dari Tutor Time International Nursery and Kindergarten yang sudah berpengalaman selama 30 tahun di bidang tumbuh kembang anak dalam menciptakan setiap program, video panduan dan materi pendidikan.
3.      Created by Experts. Semua program LT dirancang agar orangtua dan anak dapat belajar sambil bermain bersama menggunakan perangkat mainan unik dan didukung oleh panduan video untuk kegiatan bermain di rumah. Tidak hanya itu, semua perangkat mainan dibuat sendiri oleh LEARNING TIME dari bahan-bahan yang aman untuk anak-anak dengan standar Eropa. Wow..
4.      Ask A Teacher. Bagi para Ayah dan Mommy yang berlangganan pada program LT, akan disediakan forum komunitas  untuk sarana para orangtua dalam berbagi pengalaman tentang proses pendidikan anak usia dini. Dan yang lebih menarik lagi yaitu, semua pertanyaan para orangtua akan dijawab langsung oleh para guru yang tentunya ahli dalam bidang pendidikan. Menarik banget ya Mom..

Lantas bagaimana cara bergabung di LT?

Nih ya cara gampang join dengan LT ya Mom:
1.  Pilih Program. LT menyediakan berbagai program pembelajaran sesuai dengan usia anak-anak kita Mom, yakni usia 4 bulan sampai usia 6 tahun.
2. Menentukan titik awal. Setiap program LT mempunyai tingkatan yang berbeda. Tim LT akan membantu para orangtua untuk menentukan titik mana yang cocok untuk Anda.
3. Penerimaan video panduan dan bahan pengajaran. Mom, gunakan video dan perangkat mainan lainnya untuk menemukan kegiatan baru menyenangkan setiap bulannya.
Aduh, saya kok berasa sesak napas sampai sini ya. Nggak sabar untuk nahan diri segera nyemplung bareng fitur-fitur yang di miliki oleh LEARNING TIME ini.
Siap-siap lagi ya Mom sesak napas kayak saya hehe.. Berikut ini kita akan melihat apa saja program dari LEARNING TIME ini. Kepo kan hehe..

Inilah program LT ada 4 :
First Step I. Wah, ini sih cocok banget dengan bayi 7 bulan saya Mom. Sebab, ini merupakan program yang dirancang untuk mengenalkan dunia belajar kepada anak dengan metode interaktif. Rekomen banget untuk anak usia 4-15 bulan. Dan kabar baiknya lagi, Mom nggak sendirian main sama bayi. Ada Mr. Nick yang bakalan memandu kita. Siapa sih beliau? Aishh, saya nggak mau spoiler ahhh. Langsung kontak CS LT aja deh yaa via WA juga bisa lho..

First Step II. Ini merupakan program lanjutan ya dari program First Step I diatas. Benefit yang kita akan dapatkan yakni adanya materi baru guna mengembangkan kemampuan anak-anak kita. Rekomen banget ya Mom untuk anak usia 16 sampai 30 bulan. Dan lagi, kita akan di pandu oleh tutor kece, Miss Kate. Menyenangkan deh Mom.

The Fundamentals. Awalnya, program ini dibuat untuk memperkuat cara belajar anak di rumah. Tahu nggak Mom, program ini bekerjasama dengan kurikulum Tutor Time Hongkong Nursery. Pokoknya anak nggak bakalan bosen Mom sepanjang usia pra sekolah mereka kalau kita berlangganan program ini. Worth it.

The Story. Sssttt, ada kabar gembira nih buat Mom yang punya anak usia 2,5 tahun sampai 6 tahun. Apaan hayooo..
Yaaah, saya mau kasih bocoran nih sama Mom. Padahal sebenarnya program The Story ini bakalan baru akan launching pada tanggal 27 November 2019 ini.

Seperti yang saya katakan diatas, program The Story ini merupakan program edukasi untuk anak usia 2,5 tahun sampai 6 tahun ya Mom. Program The Story ini media belajarnya adalah berupa buku cerita bergambar yang interaktif.  Jadi si kecil akan diasah kemampuannya dalam hal storytelling yang menyenangkan. Tentunya program ini akan sangat membantu anak-anak untuk mempersiapkan dirinya kelak memasuki usia sekolah serta memperkuat konsep yang sedang dipelajari di sekolah.

Semua buku cerita dan bahan pembelajaran pada program The Story dirancang oleh para ahli kurikulum dari salah satu International Nursery dan Kindergarten yang bergengsi di Amerika. Setiap bulannya ada tema yang berbeda yang bkalan disajikan LT untuk buah hati Mom. Sehingga diharapkan Si Kecil mampu mengeksplor dunia dan pengetahuan baru lebih mendalam lagi. Mom tenng aja, program ini untuk memudahkan buah hati belajar Bahasa Inggris sesuai dengan konsep dan tema yang diajarkan Kindergarten. Voilaaa.. Mom akan di pandu oleh instruktur cantik dari USA. Namanya Miss Katie.

Yuk, silakan Mom meluncur ke akun-akun sosial media LEARNING TIME dibawah ini yaa. Jangan sampai ketinggalan dengan NEW PROGRAM LT, yaitu THE STORY.  

Official website: https://www.learningtime-id.com
Facebook        : https://www.facebook.com/hellolearningtime.id/
Instagram       : https://www.instagram.com/learningtime.id/


Mom, yuk sama-sama kita mengenal manfaat Program The Story - Belajar Melalui Mendongeng :

1. Mengajarkan anak-anak Bahasa Inggris dan konsepnya melalui dongeng.
2. Memperkuat tema dan konsep yang dipelajari di sekolah. Saatnya anak-anak kita menjelajahi tema yang menyenangkan dan menarik setiap bulannya dengan program The Story. 
Semua buku cerita dan bahan pembelajaran ditulis dan dirancang secara khusus dengan tema-tema yang berbeda setiap bulannya diantaranya seperti The Jungle, Recycling, Water Cycle, Five Senses and Seasons dan beberapa tema lainnya. Di program The Story para orangtua tidak hanya memperkenalkan Si Kecil pada tema dan konsep baru, tapi juga memperkuat materi-materi yang biasanya diajarkan di Taman Kanak-kanak. Melalui program terbaru The Story, LEARNING TIME tidak hanya menyediakan cara-cara pengajaran yang interaktif dan menyenangkan, namun juga mendorong Si Kecil dalam meningkatkan perkembangan Bahasa Inggris melalui dongeng.



Fitur-Fitur dari Program The Story:
*Belajar tentang di balik konsep pengajaran Bahasa Inggris
*Mendukung perkembangan Bahasa Inggris Si Kecil
*Belajar bagaimana melakukan kegiatan dan membacakan dongeng seperti seorang guru
*Tema dan konsep yang baru setiap bulannya untuk memicu minat Si Kecil
*Memperkuat tema dan konsep yang telah dipelajari di sekolah
*Semua kegiatan dan materi pembelajaran di dasarkan pada buku cerita
*Terdiri dari 1 buku cerita yang interaktif, 4-5 materi pembelajaran, konten yang dapat diunduh, video dan panduan aktivitas setiap bulannya.

3. Pendidikan untuk orangtua. Di LEARNING TIME, para pakar pendidikan memberikan instruksi tahap demi tahap untuk para orangtua atau pengasuh dalam melakukan kegiatan pengajaran, cara bagaimana membimbing Si Kecil dalam menyelesaikan tugas, dan memilih kalimat serta konsep yang benar yang difokuskan untuk menstimulasi perkembangan Si Kecil secara menyeluruh.

4. Dirancang oleh para pendidik yang telah berpengalaman. Untuk materi pembelajaran serta video panduan setiap programnya, LEARNING TIME telah bekerja sama dengan para ahli dari salah satu International Nursery and Kindergarten yang telah memiliki lebih dari 30 tahun pengalaman di bidang Pendidikan anak usia dini.


Nah Mom, kesimpulannya apa saja sih fitur -  Fitur dari LEARNING TIME?

Nih ya:
*Menyediakan seluruh kurikulum untuk berbagai program
*Menyediakan berbagai bahan pembelajaran yang inovatif setiap bulannya untuk memastikan Si Kecil dapat belajar sambil bersenang-senang
*Memungkinkan orangtua mendapatkan akses untuk melihat video panduan kapan saja dan di mana saja.
*Menyediakan forum dan komunitas untuk orang tua dapat berbagi pengalaman mereka satu sama lain. Tak hanya itu, para ahli pun tersedia untuk menjawab pertanyaan yang ada di dalam forum.
*Semua mainan telah lulus teruji keamanannya.

Ini Cara Berlangganan ya:

Untuk berlanggan LEARNING TIME dapat melalui:   
        
Official Website : https://www.learningtime-id.com
Tokopedia
https://www.tokopedia.com/learningtimeid
Shopee
https://shopee.co.id/learningtime.id
WhatsApp
081936217273

Rincian layanan berlangganan pendidikan anak usia dini :
Kelompok Usia
Anak usia 2,5 hingga 6 tahun
Biaya Berlangganan
Rp. 489.000 /bulan
3 bulan Rp. 1.317.000 (439.000/bulan)
6 bulan Rp. 2.394.000 (399.000/bulan)
12 bulan Rp. 4.188.000 (349.000/bulan)

Metode Pembayaran:
Credit Card atau Paypal melalui website www.learningtime-id.com atau transfer ke Bank BCA (7145 13 3939  Yayasan PPIA) dengan mengirim bukti transfer ke helloindonesia@learningtime.com.hk

LT tersedia untuk tablet, handphone dan komputer

Setelah berlangganan, Mom akan melihat video-video panduan di platform online LT. Kotak materi pembelajaran pun akan dikirimkan langsung ke depan pintu rumah Anda. Menarik sekali yaaa Mom. Para Mom harus SEGERA miliki nih paket LEARNING TIME. Terutama paket THE STORY  yang BARU launching tanggal 27 November 2019. HARI INI .. Nggak pake mikir lama ya Mom..  

Selamat belajar dan bermain bersama buah hati Mom serta mengeratkan hubungan psikologis melalui media LEARNING TIME..


Depok,
27 November 2019




You May Also Like

0 komentar