Inilah 3 Tips Anti Stres Bagi Full Time Mommy yang Punya Anak Banyak

by - November 09, 2019


 (Foto :TribunNews. Com)

Zaman sekarang stres bisa datang dari mana saja.  Ritme kehidupan yang cepat menuntut kita untuk pandai-pandai membagi waktu jika tidak ingin ketinggalan.  Begitu juga halnya dengan Full Time Mommy (FTM) dengan jumlah anak lebih dari 3. Kenapa? Karena menurut beberapa survey, ternyata para ibu rumah tangga sangat rentan terhadap stres. Stres yang dihasilkan ini bisa berakibat fatal bagi jiwa si ibu dan keharmonisan rumahtangga serta keberlangsungan pengasuhan terhadap anak-anak. Sepenting itu yaa pengelolaan stres bagi ibu rumah tangga.

Suatu ketika,  ada pembahasan di sebuah grup parenting yang mana salah seorang ibu bertanya,  bagaimana caranya menjaga kewarasan di tengah 'riuhnya' aktivitas rumah tangga yang tidak kunjung ada habisnya.  Sementara,  dia memiliki 4 orang anak yang masih kecil. Kolom komentar ramai dengan berbagai jawaban.

Nah,  setidaknya inilah 3 tips asyik dan anti stres bagi ibu yang full dirumah namun memiliki sedikitnya 4 orang anak yang sudah saya rangkum dari berbagai sumber:

Buatlah daily activity.
Sebisa mungkin kegiatan harian ini sudah mencakup seluruh anggota keluarga.  Baik ayah,  ibu dan anak-anak.  Manfaat di buat daftar kegiatan ini,  selain memudahkan anggota keluarga untuk memenej kegiatannya masing-masing tanpa Mommy harus banyak 'ngomel'.  Oya, disiplin dan reward merupakan kunci sukses berjalannya daftar harian tersebut. 
(Foto : Indscriptcreative.com)

Komunikasi terbuka dengan pasangan.
Terkadang para Mommy merasa super women yang tidak butuh bantuan suami dalam mengelola dan mengurusi rumah tangga dengan segala kehebohannya.  Dari berbagai literatur,  ternyata para suami ingin dilibatkan untuk bekerjasama dengan para Mommy. Bahkan menurut ilmu parenting,  peran seorang ayah dalam membantu ibu mereka nantinya akan menjadi role mode kelak ketika anak-anak berumahtangga.  Bahwa,  urusan domestik adalah tanggung jawab berdua,  suami dan istri. 
(Foto : Kumparan. com)

Me Time.
Mungkin sudah ribuan artikel yang membahas betapa pentingnya 'waktu sendiri ' bagi seorang Mommy,  apalagi dengan amanah anak yang banyak.  Karena Me Time itu berfungsi untuk me-recharge energi positif dalam diri Mommy.  Tentunya dengan dukungan suami juga.  Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengisi Me Time, menulis misalnya.  Sebuah teori menyatakan bahwa,  proses menulis dapat menjadi terapi penyembuhan bagi jiwa seseorang.  Mungkin dengan menuliskannya diatas kertas atau di laptop mengenai hal-hal yang menjadi toxic akan mampu mengurangi kadar stres. Dan bila rutin,  menulis dilakukan,  bagi sebagian orang yang sudah melakukannya malah menjadi candu dan mampu melepaskan energi negatif. 
(Foto : Kompasiana.com)

Nah,  itulah 3 tips asyik bagi mommy yang sedang lelah dan 'tangki cintanya' sedang drop bisa dicoba yaa.. 



You May Also Like

0 komentar